Wednesday, June 12, 2013

Inilah Alasan Kenapa Form Log In Web Biasanya Di Sebelah Kanan Atas

Apakah anda termasuk orang yang sering menggunakan Log In form untuk account di situs-situs internet atau jejaring sosial? Apakah anda menyadari bahwa Log-In Form biasanya berada di kanan atas sebuah website?

Berikut beberapa contohnya:





Ada teori yang disebut "Hukum Fitts" (Fitts Law, 1954). Paul M. Fitts menemukan sebuah pola kebiasaan otak manusia ketika berinteraksi dengan komputer sebagai berikut:

Kecepatan manusia (untuk menggunakan komputer) bergantung pada jarak dari 1 titik menuju target, serta tingkat kerumitan target yang dituju di layar monitor.

Contoh: Orang akan lebih gampang meng-klik extra large icon di dekat pointer mouse dia di tengah desktop, dari pada tray icon kecil di ujung kiri bawah desktop.

Berdasarkan prinsip Hukum Fitts ini, disimpulkan bahwa ada 2 kunci utama utk memudahkan interaksi manusia dengan komputer:
  1. ukuran objek secara visual (Makin besar icon/button, makin mudah orang meng-klik)
  2. jarak objek yg menjadi tujuan interaksi (Makin dekat icon/button dari pointer mouse, makin mudah       orang meng-klik).

Demi memudahkan user ketika mengakses website manapun, maka diterapkanlah 2 kunci utama di atas sebagai berikut:

  1. Web page cenderung bersifat memanjang vertikal, maka user akan sering mengarahkan pointer mouse ke kanan monitor (untuk mencari scroll bar buat scrolling web page ke bawah).
  2. Karena user sering mengarahkan pointer mouse ke kanan monitor untuk mencari scroll bar, maka komponen-komponen penting website sebaiknya sekalian dipasang di dekat situ (sisi kanan monitor).
  3. Karena login form adalah komponen penting web page, maka ditaruhlah Log-In Form di sisi kanan monitor.
  4. Agar user tidak perlu susah-susah scrolling ke bawah untuk mencari Log-In Form, maka Log In Form dipasang di atas webpage.
Jadilah login web umumnya di kanan atas.

0 comments:

Post a Comment

Sumber Artikel : http://dickyz-blog.blogspot.com/2013/04/cara-memasang-atau-membuat-widget.html#ixzz2W3lhyZf5
Blogger Tips and Tricks
The Alien